Powered by Blogger.

Ujung Genteng

pantai Ujung Genteng
 


Ujung Genteng merupakan daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 kilometer dari Jakarta, kira-kira dapat ditempuh selama kurang lebih 7 jam. Rute yang harus ditempuh adalah Jakarta- Bogor - Pelabuhan Ratu - Jampng Kulon - Surade - Ujung Genteng.

Mungkin, nama Ujung Genteng belum terlalu dikenal masyarakat seperti saat kita menyebut kata Bali dan Lombok, atau Pangandaran yang sama-sama terletak di Jawa Barat. Namun sekarang ini, Ujung Genteng mulai memberikan kontribusi untuk pariwisata Indonesia.

Meski namanya belum seterkenal pantai Kuta di Bali, namun keindahan pantai Ujung Genteng tidak kalah indah dan memukau dengan pantai Kuta. Di sini, hampir setiap hari pengunjung dapat melihat penyu bertelur karena pasir nya yng lembut dan gembur yang menjadi favorit penyu untuk bertelur. Pantai Ujung Genteng menghadap bebas ke Samudra Hindia dan memiliki karakteristik umum pantai di Pulau Jawa, airnya bersih dan ombaknya besar. Namun ombak besarnya tidak membahayakan karna ombak besar dari tengah samudra lebih dulu pecah berserak terhalang gugusan karang lut di sepan bibir pantai. Ombak di pantai ini juga terkenal dengan sebutan "ombak tujuh", yang menjadi kawasan favorit bagi wisatawan mancanegara untuk berselancar. Bagi yang gemar memancing, ikan disini juga cukup banyak dan bervariasi.

Jika anda berkunjung ke Unjung Genteng, jangan lupa untuk berkunjung ke Curug Cikaso dengan naik perahu sekitar 3 menit, atau hanya dengan berjalan kaki ke Muara Cipanarikan yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali.   
sunset di Muara Cipanarikan